Apa itu Soal Bebras?

Soal Bebras berperan penting bagi siswa (peserta kompetisi) maupun guru (sebagai penyusun soal). Siswa "didorong" untuk berpikir tentang informatika, sedangkan guru harus berpikir tentang kaitan kehidupan sehari-hari dengan ilmu komputer. Soal yang kreatif dan menarik adalah tantangan utama dalam penyelenggaraan kompetisi Bebras.

Penyusun soal Bebras berusaha memilih soal yang menarik untuk memotivasi siswa dalam mengidentifikasi persoalan informatika dan berpikir lebih dalam tentang teknologi. Mereka juga ingin menyajikan sebanyak mungkin topik informatika dan pembelajaran komputer. Di bidang informatika, masih ada masalah silabus. Bahkan di sekolah-sekolah di beberapa negara, sampai saat ini belum ada kesepakatan bersama materi apa yang harus dimasukkan dalam silabus informatika yang terpadu, dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Karena dirancang untuk siswa mulai kelas SD, Soal Bebras dibuat pendek dan harus mengandung konsep informatika seperti :algoritma dan pemrograman:

serta mencakup juga konsep penggunaan informatika dalam aplikasi komputer yang dihadapi, serta etika terkait penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Hampir semua aspek ilmu komputer dan teknologi informasi dapat menjadi topik yang menarik untuk dijadikan soal Bebras jika dinyatakan secara tepat. Lokakarya Bebras internasional yang diselenggarakan setiap tahun selalu melahirkan soal-soal baru yang menarik.

Soal Bebras yang baik harus:

Supaya dapat dipecahkan dalam waktu 3 menit, setiap soal kompetisi Bebras fokus pada topik pembelajaran informatika yang kecil. Soal harus memahami prinsip-prinsip, ide-ide dan konsep-konsep yang terlibat dalam sistem informatika. Beberapa soal dibuat "interaktif", di mana siswa berinteraksi dengan objek-objek di layar untuk menyelesaikan soal. Soal-soal interaktif bernuansa permainan dan mudah dimengerti.